


Game requestan kang Gulam, requestnya game heli 3d (sebenarnya bukan request, lha wong bantu bikinnya juga) tapi karena 3d terlalu sulit buat saya, jadinya buat game 2.5d shoot them up atau shmup. Player dapat menembakkan peluru sepesial juga dapat menembakkan dua peluru sekaligus untuk meledakkan musuh-musuh kuat misalnya Tank dengan lebih cepat, tapi penggunaan amunisi juga meningkat 2x lipat. Pemodelan kendaraan tempur masih menggunakan isometrik 1 rotasi angle seperti Shark Area 2.
Oiya, dapet saran dari brot Cebri Nugraha agar menyertakan script zip agar bisa buat belajar, makasih bro sarannya. Script yang di game saya konversi ke *.pyc untuk menghindari file ga sengaja ke edit dan membuat game error.
Maaf saya tidak bisa membuat deksripsi game dengan detail karena bisa panjang banget ni posting jadi saya coret2 sedikit. Dan script game ini jangan dijadikan patokan karena strukturnya acak2an.
Game ini menggunakan sistem OOP (tapi masih sangat kacau). Berikut garis besar penjelasan tiap file:
* Bgm.mid
file midi untuk background game diambil dari game java Kyushu Devil *ngumpet*.
* DrawPlus.py
Module yang mempunyai 2 fungsi yaitu menampilkan popup teks (help,about,gameover, dll.) dan menampilkan query (hanya saya gunakan untuk pause game). Module ini rencananya mau saya jadikan alternatif buat yang bosan dengan popup & query standar dari appuifw. Namun saat ini fungsi2nya masih bergantung dengan program game inti (Main.py).
* HeliBlack.py, HeliGreen.py, TankGreen.py, FighterGreen.py
Ini adalah script model2 objek (kendaraan tempur). Dalam script ini tersimpan data titik kordinat objek, proses transformasi kordinat sederhana dan penggambaran polygon objek juga dilakukan di file2 ini.
* GPclass.py
Fungsi mesin pencari target. Pada game Shark Area2 ini digunakan untuk AI hiu agar bisa mengejar ikan. Namun pada game ini hanya digunakan untuk merotasi objek kendaraan tempur agar arah objek sesuai pola gerakan karena game ini tidak menggunakan AI. Algoritmanya ngawur, yang penting jalan hehe...
* MenuClass.py
Fungsi menu ini digunakan pada main menu dan select stage. Script ini masih sulit dipakai dan masih ada bug terkadang harus menekan tombol berulang2 untuk membuka pilihan, namun bug tidak berpengaruh pada kinerja program.
* SL.py
Fungsi untuk meload dan menyimpan data (game.dt). Contoh script saya dapat dari Ini.
* game.dt
File tempat penyimpanan data game
* Viewer.py
Fungsi untuk menampilkan model kendaraan tempur yang diputer2 (biar kayak show room game Asphalt N-Gage gitu :p).
* Main.py
Ini adalah script inti game (file ini pada game bernama POW.py). Gameplay, tumbukan, scoring, dan semua script diatas dipanggil/diolah pada script ini. Looping utama juga dilakukan disini.
*cek satu2, hmm... Kayaknya ga ada yang kelewat* Itu garis besar sistemnya yang awut2an. Monggo kalau mau diobok2 *ngarep ada yg mau :D* . Link download? Ini dia:
9 komentar:
Horee.. Wis dadi.. Sipp.. Mari kita hancurkan musuh besama-sama kopral...
Oke, pasukan majuu.. Q tak mlayu balek...
wah makin canggih aja nih gamenya.. Bro jelasin cara bikin gmbr 3D donk.. Trutama penggunaan sin cos.. Asli aq ra mudeng..
kunjungan balik sob,mantap, . .hehehe
@xaiful: ini aku nemu tutorial 3d muantep bro http://www.skytopia.com/project/cube/cube.html
@rian: makasih sob :)
ngintip..
sulit buat namatin game ini.. Apalagi klo ada kata2 'destroy all unit to complete.' hadeww..
lanjut jendral..
@jagad: monggo2
@gulam: lek pengen penak y editen haha
@jagad: monggo2
@gulam: lek pengen penak y editen haha
Posting Komentar